Tempat Wisata di Jogja yang Cocok untuk  Liburan
Agar Anda tak kekurangan update informasi mengenai destinasi wisata di Yogyakarta yang ‘kekinian’.

Ini dia beberapa tempat wisata di Jogja yang dapat Anda kunjungi, baik bersama rekan maupun keluarga.

1. Kaliadem

Kaliadem

Semenjak meletus beberapa tahun silam, tempat wisata di Jogja yakni Gunung Merapi, banyak dikunjungi oleh wisatawan. Untuk dapat mencapai Gunung Merapi, Anda dapat berkunjung melalui daerah Kaliurang. Di sini Anda dapat berfoto dengan latar belakang Gunung Merapi yang gagah sekaligus berpose dengan menggunakan mobil Jeep.

Dengan menggunakan mobil Jeep, Anda akan diajak berkeliling daerah Kaliadem atau daerah yang secar langsung terkena imbas dari meletusnya Gunung Merapi. Di tempat ini Anda akan banyak belajar mengenai sejarah letusan Gunung Merapi dari bukti yang tersimpan di Museum Omahku Memoriku.

Selain itu Anda pun bisa menemukan innerpeace lantaran hawa di kawasan ini sejuk dan sepi, sangat cocok untuk melepas penat. Di akhir sesi bagi yang menyewa Jeep, akan diajak offroad dan merasakan cipratan-cipratan air dengan sensasi menaiki Jeep. Seru bukan?

2. Bukit Kali Kuning

Bukit Kali Kuning

Masih di sekitaran kawasan Kaliurang, tempat wisata di Jogja yang dapat dikunjungi selanjutnya adalah Bukit Kali Kuning. Dahulu objek wisata ini cukup ramai dan banyak dikenal oleh warga sekitar. Namun semenjak terjadi bencana letusan Gunung Merapi membuat objek wisata ini sepi dan baru ramai dikunjungi wisatawan kembali pada tahun 2017.

Bukit Kali Kuning saat ini telah berubah menjadi objek wisata yang indah dan sangat bagus untuk dijadikan objek wisata maupun tempat untuk hunting foto. Di sini Anda dapat duduk santai sekaligus menikmati indahnya Gunung Merapi dan hutan sekitar yang tenang sekaligus ditemani secangkir teh hangat atau kopi panas.

3. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu

Setelah puas berkeliling kawasan Kaliurang dengan menggunakan Jeep dan mengeksporasi keindahan alam Gunung Merapi, selanjutnya bisa mengunjungi Museum Ullen Sentalu. Museum ini tergolong cukup muda dibandingkan dengan museum lain yang berada di Yogyakarta.

Namun dapat dikatakan tempat wisata di Jogja ini terbilang antimainstrem. Di museum ini Anda dapat menemukan berbagai barang hasil dari seniman-seniman Yogyakarta di masa lalu. Selain itu di museum ini pun bisa belajar sejarah singkat mengenai Kerajaan Mataram yang terkenal keberadaannya.

Setelah puas berjalan-jalan di museum ini, Anda pun dapat berbelanja maupun berwisata kuliner di restaurant Beukenhof yang terdapat di kawasan museum ini.

4. Taman Pelangi

Taman Pelangi via spotunik.com

Masih seputaran Utara Yogyakarta, tepatnya di Jalan Ring Road Utara, Jongkang, Ngaglik, Kabupaten Sleman terdapat satu destinasi wisata bernama Taman Pelangi. Di taman ini Anda dapat berfoto bersama ratusan lampion dengan berbagai bentuk. Taman Pelangi sendiri terletak tak jauh dari Museum Jogja Kembali.

Sangat disarankan bagi yang ingin datang ke tempat wisata di Jogjai ni yakni pada malam hari. Jadi liburan tak hanya dihabiskan di alun-alun atau Malioboro saja bukan?

5. Upside Down World

Upside Down World Jogja

Selain terdapat di Bandung dan Bali, Upside Down World juga membuka cabangnya di Yogyakarta. Di tempat ini Anda bisa seru-seruan dengan teman hingga pasangan karena keunikan tempat ini. Di sini juga bisa mengambil foto dengan latar belakang jungkir balik yang tentunya akan membuat feed Instagram semakin unik.

6. Wisata Kalibiru

Kalibiru

Beralih ke daerah barat Kota Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Kulon Progo, di Kabupaten tersebut terdapat objek wisata yang belakangan tengah naik daun. objek wisata itu bernama Wisata Kalibiru.

Pada tempat wisata di Jogja ini terdapat dek untuk melihat pemandangan dengan latar belakang waduk sermo. Selain menikmati pemandangan, Anda pun dapat mengambil foto disini. Tak perlu khawatir untuk keamanan selama menaiki dek tersebut, seluruh kegiatan akan dilindungi dengan tali pengaman. Tiket masuk Wisata Kalibiru ini adalah sebesar Rp80.000.

Untuk yang ingin mengambil foto yang bagus namun tidak membawa kamera yang memadai, tak perlu kawatir. Pihak pengelola juga telah menyediakan fotografer yang tetunya juga siap mengatur pose sehingga foto yang dihasilkan memuaskan. Selain itu di objek wisata ini juga telah terdapat bungalow yang dapat disewa jika ingin menginap di objek wisata ini.

Untuk yang lapar, tak perlu khawatir juga, objek wisata ini juga telah menyediakan stand yang menyediakan makanan dengan harga yang tidak terlalu mahal.

7. Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo

Masih di Kabupaten Kulon Progo, terdapat satu objek wisata yang jarang dikunjungi oleh wisatawan, yakni Hutan Mangrove Kulon Progo. Hutan mangrove ini membentang dari sungai Bogowonto dan berakhir hingga Pantai Congot.

Untuk yang hendak menuju tempat wisata di Jogja ini dapat mengambil rute ke arah jalan Wates. Kemudian lanjutkan perjalanan menuju barat hingga mencapai terminal wates. Ikuti jalan dan di sekitar daerah tersebut akan terdapat banyak papan pemberi arah menuju Hutan Mangrove Pasir Mendit. Harga tiket untuk dapat menikmati objek wisata ini adalah seharga Rp3.000.

8. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut

Seperti telah disinggung sebelumnya, tempat wisata di Jogjaterbilang cukup lengkap terutama untuk wisata alamnya. Mulai dari pantai, pegunungan, air terjun, hingga wanawisata. Salah satu destinasi wisata selanjutnya  yang dapat Anda kunjungi adalah Air Terjun Kedung Pedut. Air terjun ini tepatya berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Giri Mulyo, Kabupaten Kulon Progo.

Destinasi wisata ini masih terbilang baru lantara baru dibuka dari Februari 2015. Daya tarik dari air terjun ini tentu saja jernihnya air yang terdapat pada kolam atau yang dalam bahasa jawanya disebut kedung.

Meskipun belum terlalu lama berdiri, namun objek wisata ini sudah well develop lantaran fasilitas yang disediakan cukup memadai. Beberapa fasilitas yang dapat Anda nikmati diantaranya adalah gardu pandang, toilet, kursi, pancuran buatan yang terbuat dari bambu, hingga jembatan bambu yang dapat dijadikan sebagai spot foto.

Tiket masuk objek wisata ini pun terbilang cukup terjangkau, yakni hanya Rp3.000 saja, dan untuk parkir motor hanya diwajibkan membayar Rp2.000, dan Rp5.000 untuk mobil.

9. Ekowisata Taman Sungai Mudal

Ekowisata Taman Sungai Mudal

Masih berada di Kulon Progo, tepatnya di Kecamatan Girimulyo, Desa Jatimulyo yang artinya tak jauh dari Curug Kedung Pedut terdapat satu objek wisata bernama Ekowisata Taman Sungai Mudal.

Tempat wisata di Jogja ini terbilang unik lantaran menjual suasana tenangnya aliran sungai. Selain itu fasilitas yang disediakan pun terbilang cukup lengkap, yakni terdapat fasilitas wifi. Untuk yang tertarik mengunjungi objek wisata ini terletak 1 jam jika ditempuh dengan kendaraan dari Kota Yogyakarta.

Objek wisata ini terbilang menyediakan paket wisata yang cukup lengkap, mulai dari sungai, kolam, hingga air terjun. Keberadaan sungai Mudal pun cukup bermanfaat bagi warga sekitar baik untuk konsumsi, hingga sumber irigasi bagi sawah-sawah sekitarnya.

Namun untuk yang tidak menyukai wisata air, dapat mencoba sensasi trekking ke Watu Wayang. Tempat ini adalah sebuah perbukitan yang konon katanya mirip seperti kelir wayang. objek wisata yang super lengkap ini, Anda hanya dikenakan biaya retribusi atau tiket seharga Rp4.000 saja, murah bukan?

10. Embung Nglanggeran Gunung Kidul

Embung Nglanggeran Gunung Kidul

Sedikit bergeser ke arah timur Yogyakarta, objek wisata selanjutnya yang dapat Anda kunjungi adalah Embung Nglanggeran yang terdapat di Kabupaten Gunung Kidul. Embung Nglanggeran sendiri adalah sebuah danau buatan yang dulunya digunakan untuk irigasi masyarakat sekitar. Indahnya alam di sekitaran Embung Nglanggeran membuat objek wisata ini kemudian dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata dan buka selama 24 jam penuh.

Hamparan danau buatan ini pun dikepung dengan tebing gunung api purba Nglanggeran yang tentunya semakin membuat view atau pemandangan di objek wisata ini semakin menarik. Sempatkanlah datang ke objek wisata ini pada siang hari, Anda pun akan menikmati keindahan sunrise dengan latar belakang perbukitan yang hijau. objek wisata ini pun telah memiliki fasilitas yang cukup lengkap, diantaranya adalah parkir yang luas, toilet, gardu pandang, hingga pendopo dan warung.

Jika berkunjung pada musim kemarau, Anda bisa menikmati keindahan alam dengan berbalut kabut di lembah sekitar embung Nglanggeran. Harga tiket di objek wisata ini pun terbilang cukup terjangkau, yakni hanya Rp10.000 saja.